Cara SEO Website dan Blog
yang Benar untuk Ranking Tinggi di Google!!
Di post
super lengkap kali ini, saya ingin bicara tentang cara SEO website dan
cara seo blog yang benar untuk menjadikannya ranking satu di Google (atau
minimal empat besar).
Saya tahu
SEO mungkin merupakan hal yang tak mudah (bahkan mungkin menakutkan) bagi
kebanyakan dari anda mengingat banyaknya yang perlu dipelajari…
Lima
tahun yang lalu ketika saya dulu baru memulai, bagi saya SEO itu sendiri memang
terasa agak misterius.
Namun
setelah beberapa tahun membuat website, me-ranking-nya, dan memiliki sistem
sendiri untuk mendapatkan ranking tinggi di google secara terus menerus, saya
paham bahwa sebenarnya ada sains di balik search engine optimization.
Sebelum
saya mulai dengan penjelasan panjang lebar mengenai cara saya untuk men-SEO
website-website saya dan menjadikannya rangking satu (atau setidaknya halaman
satu empat besar) di Google, saya ingin bikin disclaimer dulu…
Bahwa
dengan mengikuti panduan yang saya tulis ini, saya TIDAK GARANSI anda bisa
mendapatkan ranking tinggi di Google.
Hasil
yang akan anda dapatkan akan sangat bergantung dari pengalaman anda, insting
anda, ilmu anda, dan uang yang anda punya di kantung anda untuk membeli hal-hal
yang dibutuhkan untuk dapat ranking tinggi di Google (yups, SEO KADANG tidak
gratis).
Dan bahwa
meskipun saya sudah berusaha sebaik mungkin untuk menyediakan informasi
selengkap apapun untuk post ini, tetap saja saya yang agak pakar SEO ini
TIDAK tahu semuanya.
Resiko
untuk menggunakan informasi yang ada di halaman ini 100% ada di tangan anda.
Dan
dengan disclaimer tersebut, yuk kita mulai panduannya…
Cara SEO Website & Blog Ala Lombok Santer’s
Di
panduan SEO kita kali ini, saya akan bicarakan teknik SEO ala saya.
Dan
jujur, teknik saya lumayan kompleks — anda mungkin banyak tidak mengerti
beberapa istilah dalam panduan ini, dan proses optimisasi yang saya lakukan
selalu saya dasarkan pada keyword research yang kuat, jadi tidak sembarangan
optimasi.
Secara
garis besar, ini yang biasanya saya lakukan:
- Keyword Research, mencari keyword dengan potensi pencarian yang tinggi dan kompetisi rendah hingga sedang, penentuan keyword utama dan keyword-keyword pendukung, kemudian membuat skala prioritas.
- On Site SEO, proses pembuatan situs dengan struktur berdasarkan hasil keyword research, pemasangan theme WordPress yang teroptimisasi dengan baik, peletakan elemen SEO seperti title tag, header tag, dan lain-lain yang berkaitan dengan keyword utama pada situs.
- Off Site SEO, proses membangun backlink dan authority domain, meliputi membangun social profile di situs sosial populer, social bookmark, pembelian backlink PR tinggi, dan penggunaan backlink massal.
Dan yups,
tiga hal itulah yang akan kita bahas di post kita kali ini…
#1 Keyword Research Sebagai Pondasi Rangking Tinggi
Hal pertama yang harus anda sadari adalah anda harus MEMILIH
keyword terlebih dahulu, keyword dimana anda ingin situs anda rangking tinggi
di Google.
Anda
sedari awal harus MENGERTI dengan JELAS, KEYWORD APA yang akan anda incar dan
akan anda jadikan sebagai keyword utama untuk situs anda.
Anda
TIDAK BISA ranking untuk semua keyword yang anda mau.
Sumber
daya anda terbatas, sementara keyword yang anda ingin untuk situs anda bisa
ranking tinggi mungkin sangat banyak, jadi anda harus PILIH beberapa keyword
sebagai incaran awal anda.
Dan
kebanyakan orang bahkan tidak tahu mereka harus punya keyword untuk diincar…
Jika anda
sudah punya keyword untuk diincar, selamat anda sudah lebih baik daripada 50%
internet marketer di luar sana.
Jadi,
pikirkan masak-masak terlebih dahulu kira-kira anda mau buat situs tentang apa,
tujuannya apa, siapa orang yang anda incar, dan apa kira-kira keyword yang
bakal diketikkan oleh calon pengunjung anda di mesin pencari.
Contoh: Anda ingin buat situs untuk mempromosikan pelatihan pembuatan mie dan
pembimbingan bisnis mie ayam milik anda, maka orang-orang yang anda cari
adalah:
- Karyawan yang tertarik dengan usaha sampingan,
- Mahasiswa,
- Pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis,
- Ibu rumah tangga yang tertarik dengan usaha sampingan berjualan mie di halaman rumah,
- dan lain-lain.
Mie hijau sehati…
Dari
situ, anda mulai pikirkan apa kira-kira keyword yang bakal mereka ketikkan.
Misal,
- “pelatihan usaha mie”,
- “peluang usaha sampingan modal kecil”,
- “prospek bisnis mie ayam”,
- “cara membuat mie ayam”,
- “analisis usaha mie ayam”,
- dan lain-lain
Hal kedua yang juga perlu anda sadari adalah bahwa keyword yang anda pilih harus
memiliki tingkat kompetisi yang BISA anda TAKLUKKAN.
Ini SUPER
PENTING…
Kebanyakan
pemula cukup lugu untuk mengira bahwa situsnya bakal bisa ranking di
keyword-keyword super kompetitif seperti “make money online”, “credit repair”,
“buy guitar” atau keyword-keyword super kompetitif lainnya.
Anda
harus tahu bahwa di luar sana ada orang yang tak segan-segan mengeluarkan
ratusan juta rupiah per tahun untuk memastikan bahwa tidak ada yang mengganggu
posisi mereka di search engine.
Bagi
mereka ratusan juta rupiah per tahun adalah kecil karena mereka mendapatkan
milyaran rupiah per tahun dari ranking yang mereka miliki di Google.
Kesalahan
dalam melakukan keyword research yang menjadikan anda mengincar keyword
kompetitif akan menjadikan situs anda tanpa trafik untuk jangka waktu yang LAMA
sekali…
Dan besar
kemungkinan anda akan putus asa di tengah jalan tanpa pernah mendapatkan trafik
seekor pun.
Anda bisa
mengetahui apakah ada kompetisi untuk keyword tertentu dan seberapa keras
kompetisi anda dengan cara melakukan pencarian sederhana di Google untuk
keyword yang anda target.
Golden Rules: Jika ada banyak halaman yang teroptimisasi
(keyword di title tag, URL, dan meta description), maka bisa dipastikan ada
banyak kompetisi untuk keyword tersebut.
Untuk
kerasnya persaingan anda bisa gunakan tools seperti Majestic SEO untuk
menganalisis link profile dari situs saingan-saingan anda.
Hal ketiga yang harus anda tahu juga adalah bahwa
keyword-keyword yang anda incar, selain memiliki kompetisi di tingkat yang bisa
anda handle, juga harus memiliki potensi trafik yang menguntungkan buat
anda.
Bukan
berarti anda harus mencari trafik dengan monthly searches ratusan ribu
per bulan, yang penting adalah bahwa trafik anda layak, dan trafik anda punya
search intention untuk belanja sesuatu dari anda.
Ingat,
SEO hanya sarana untuk mendapatkan trafik.
JANGAN
hanya melakukan SEO hanya untuk ranking tinggi. Ranking tinggi untuk keyword
bergengsi yang jarang dicari orang tidak apa, asal jangan sering-sering.
SEO anda
harus berfokus pada keyword yang MENDATANGKAN TRAFIK… dan memiliki KUALITAS
TRAFIK yang anda inginkan.
Alasan Kenapa Keyword Research itu Penting dalam
SEO…
Keyword
research penting karena jika anda payah dalam hal ini, perjuangan untuk
mendapatkan banyak trafik akan SEPULUH KALI LIPAT lebih sulit.
Dalam
setiap keyword research, saya selalu mencari minimal 2 keyword utama dan
minimal 10 keyword pendukung.
Monthly search traffic dari semua exact keyword tersebut
digabungkan harus lebih dari minimal 2.000 traffic.
Jika
kurang saya akan cari keyword lagi sampai cukup.
Setelah
itu, saya akan perhatikan kompetisi dan potensi trafik yang ada untuk
masing-masing keyword.
Dari situ
saya akan menentukan skala prioritas.
Keyword-keyword
yang paling mudah dan memiliki potensi trafik yang layak, bakal saya target
terlebih daripada keyword yang lebih sulit.
Kemudian
saya akan buat beberapa halaman pilar di situs saya untuk mentarget
keyword-keyword mudah tersebut. Halaman pilar adalah halaman berisi artikel
super powerful, lengkap, dan teroptimasi dengan baik untuk keyword-keyword
gampang.
Artikel
pilar seperti ini sangat disukai oleh Google dan akan sangat mudah ranking
tinggi untuk keyword-keyword yang minim kompetisi selama anda melakukan on-page
SEO dengan baik.
Dengan
demikian saya akan memiliki initial traffic secara cepat, yang memungkinkan
saya untuk membangun domain authority melalui LIKES dan TWEET serta
memungkinkan saya untuk mendapatkan dana untuk membiayai proses SEO untuk
keyword-keyword utama yang lebih sulit.
Bayangkan
jika saya asal bikin situs tanpa proses keyword research yang lengkap, mungkin
saya akan amat susah payah dalam mendatangkan beberapa pengunjung per hari.
Bahkan
saya mungkin harus buat puluhan artikel hanya untuk mendapatkan beberapa puluh
pengunjung per hari.
Oh iya,
by the way, tools yang saya pakai untuk keyword research tak lain dan tak bukan
hanyalah Google Keyword Tools
(sekarang sudah ganti jadi Google Keyword Planner)
#2 On Site Optimization Sakti untuk Rank Tinggi
Ada
banyak hal sebenarnya yang perlu diperhatikan dalam on site optimization, tapi
anda tidak perlu tahu semuanya…
Anda
hanya perlu tahu beberapa yang paling penting.
Tiga hal
yang menurut saya paling utama dalam proses ranking tinggi di search engine
adalah relevansi, user experience, dan crawlability (indexation).
Relevansi itu 95% dari SEO…
Relevansi, tugas mesin pencari itu sederhana.
…Memberikan
hasil pencarian yang relevan dengan yang dicari oleh pengunjung…
Ketika
pengunjung mengetikkan kata kunci “Jackie Chan”, tentu Google ingin menampilkan
situs-situs tentang Jackie Chan di halaman pencariannya.
Jika
Google gagal melakukan hal tersebut, tentu pencari bakal kapok menggunakan
Google dan bakal beralih ke Bing.
Dengan
teori ini maka anda bisa membuat halaman situs anda ranking lebih tinggi di
Google dengan cara menampilkan sinyal-sinyal relevansi kepada Google dengan
meletakkan keyword yang anda incar di tempat-tempat yang diperhatikan oleh
Google.
Tempat-tempat
ini misalnya adalah URL, heading, title tag, meta description, image alt tag,
dan lain-lain…
Contohnya
adalah post ini, keyword yang saya incar untuk post ini adalah “cara SEO
website“. Anda bisa lihat sendiri ‘kan URL saya, title tag saya, heading
saya, dan lain-lain yang sengaja saya buat mengandung kata kunci “cara SEO
website”?
Jika pengunjung benci situs anda, mereka akan
langsung pergi setelah mereka sampai…
User experience, di masa kini, mesin pencari sudah cukup canggih
hingga bisa mengenali mana situs yang menyediakan user experience baik, dan
mana yang menyediakan user experience yang buruk.
Beberapa
indikasi yang Google gunakan untuk menentukan user experience yang dihasilkan
dari suatu situs adalah kecepatan loading situs tersebut, bounce rate, kualitas
konten, outbound dan inbound link ke halaman yang relevan, dan porsi iklan
dalam halaman.
Pertama adalah kecepatan situs anda.
Simpel
saja, semakin lambat suatu situs, maka semakin rendah posisinya di search
engine.
Spider
akan lebih malas meng-crawl karena situs yang berat dan lambat menghabiskan
banyak resources, dan akhirnya adalah penurunan ranking…
Itu
alasan meskipun ada banyak theme WordPress yang gratis di luar sana, saya hanya
percaya pada penyedia theme yang benar-benar profesional dan tahu yang ia
lakukan.
Saya
pribadi hanya menggunakan WooThemes gratis,
jika saya suatu saat berniat untuk investasi pada theme premium suatu hari
nanti, saya akan pilih Genesis atau Thesis karena
saya tahu dua framework tersebut dibuat untuk kecepatan situs yang tinggi.
Yang kedua adalah bounce rate, semakin tinggi bounce rate
anda, maka semakin rendah skor anda di mata Google. Average page views per
visit anda juga berpengaruh lho, semakin sedikit, semakin rendah skor anda di
mata Google.
Di sisi
lain, semakin rendah bounce rate anda, maka semakin tinggi posisi anda di
Google.
Bagaimana
Google tahu bounce rate anda? Pertama dari Google Analytics (jika
anda memasangnya), dan kedua dari pengunjung yang menekan tombol “back” di
browser mereka SEGERA setelah mereka sampai ke situs anda.
Ketiga adalah inbound dan outbound link ke halaman relevan.
Google
mengasumsikan bahwa situs dengan banyak link ke artikel lain yang relevan
merupakan salah satu indikator user experience yang bagus.
Tentu
saja, karena dengan inbound link dan outbound link ke halaman yang relevan,
user bisa mencari tahu lebih banyak tentang suatu topik dengan lebih mudah.
Para
pemula sering salah paham dan mengira bahwa semakin banyak link yang keluar
dari situsnya, maka semakin buruk posisinya di Google.
Padahal
jika yang ia link merupakan halaman yang relevan, justru hal sebaliknya lah
yang terjadi…
Dan yang terakhir adalah porsi iklan dalam halaman.
Iklan
yang memakan 80% layar monitor tentu saja menyediakan user experience yang
buruk, dan itu sebabnya Google sekarang mulai menurunkan posisi situs-situs
yang memenuhi halamannya dengan iklan.
Crawlability dan Indexation, hal ini agak teknis untuk dijelaskan, jadi saya
agak malas, tapi intinya adalah kemudahan situs anda untuk di crawl oleh Google
spider.
Situs
yang mudah di crawl, maka akan mudah juga bagi Google untuk menyimpan data
tentang situs tersebut di database Google sehingga mempermudah proses
indeksasi.
Semakin
mudah suatu situs untuk ter-index, maka semakin besar kemungkinan suatu situs
muncul di halaman pencarian Google.
Halaman
yang sulit di jangkau oleh Google tentu saja akan lebih jarang ter-crawl yang
pada akhirnya akan memiliki posisi yang kurang baik di halaman hasil pencarian.
Di sisi
lain halaman yang bisa di crawl dengan baik dan tanpa error akan lebih bagus
nilainya di mata Google sehingga berpotensi untuk mengalami kenaikan ranking.
Intinya
kurang lebih seperti itulah, untuk mencari tahu error dalam situs anda,
crawlability status dari situs anda, broken link, dan lain-lain, anda bisa
gunakan Google Webmaster Tools untuk menganalisisnya.
Sekarang
kita akan bicara tentang off site optimization…
#3 Off Site Optimization, Rumus Backlink Personal
Saya
Jujur
saja, jika anda bisa menerapkan dua jurus yang barusan saya share di atas
secara sempurna, anda bisa ranking tinggi untuk 80% keyword dengan kompetisi
rendah hingga sedang di luar sana.
Tapi
kadang mungkin dua hal itu saja tak cukup.
Anda
seringkali membutuhkan sedikit dorongan dari elemen off site optimization untuk
membantu anda ranking tinggi — lebih tinggi daripada pesaing anda — untuk
keyword yang lebih kompetitif.
Sebenarnya
topik mengenai off site optimization atau yang lebih populer dengan istilah
backlinking ini adalah topik yang sangat LUAS sekali, saking luasnya saya
sampai harus buatkan satu report khusus yang membahas satu topik ini sendiri
secara mendetail.
Tapi
okelah, yuk kita coba bahas sekilas tentang off site optimization di post kita
hari ini…
Saya
pribadi menetapkan rumus untuk off site optimization ini:
{(KUANTITAS x KUALITAS) + RELEVANSI} x JUSTIFIKASI
Artinya:
- KUANTITAS adalah jumlah link yang anda bangun,
- KUALITAS adalah kualitas dari link yang anda bangun, berasal dari mana, berapa PR nya,
- RELEVANSI adalah kesesuaian topik dari halaman link berasal dengan halaman anda yang di link,
- dan JUSTIFIKASI adalah hal-hal yang menjadikan link anda tersebut masuk akal untuk terjadi.
Yuk kita
bahas satu-satu…
Rumus saya tidak seruwet rumus ini…
Secara
sederhana, semakin banyak link yang mengarah ke situs anda, maka semakin baik
posisi anda di search engine (KUANTITAS = positif).
Tapi di
saat yang sama jika link yang mengarah ke situs anda adalah dari situs dewasa
atau situs spam (KUALITAS = negatif), ya bisa-bisa situs
anda malah kena penalty dari Google (positif x negatif = negatif).
KUALITAS
dari link yang anda dapatkan sangatlah penting, karena meski anda bisa
mendapatkan sedikit link, jika link tersebut berkualitas, maka hasilnya akan
tetap positif.
Semakin
banyak link dari sumber berkualitas yang anda miliki, maka semakin tinggi
kepercayaan Google terhadap domain anda sehingga anda bisa lebih mudah ranking
untuk keyword apapun yang anda mau.
Salah
satu hal yang bisa menyebabkan penurunan ranking meskipun anda sudah membangun
link ber KUALITAS adalah adanya KUANTITAS negatif yang disebabkan karena link
menuju situs anda di lepas oleh pemilik situs.
Hal ini
merupakan negative link velocity yang menyebabkan penurunan ranking, kecuali
anda menggantinya dengan link baru dengan KUALITAS yang kurang lebih sama.
Jika
situs yang me-link ke situs anda RELEVAN, maka akan semakin tinggi poin
relevansi situs anda, yang menyebabkan anda untuk ranking lebih tinggi di
Google untuk kata kunci yang anda incar.
Bahkan
meski link yang anda bangun berada di situs yang TIDAK relevan dengan situs
anda, selama KUALITAS nya positif, maka anda tetap akan mendapatkan manfaat
(tapi tentu tak sebanyak link dari situs relevan).
Tapi, ada
satu faktor yang tak boleh dilupakan.
Hal
tersebut adalah JUSTIFIKASI.
Meskipun
anda memiliki banyak link dari berbagai sumber berkualitas (mass link dari
press release misalnya), tapi jika tak masuk akal, tetap saja akan menaikkan
bendera merah dari Google.
Contoh: Domain baru dibeli kemarin sore tapi tiba-tiba sudah mendapatkan
10.000 link dari press release, article directory, blog, dan lain-lain.
Tentu
saja hal ini akan menimbulkan kecurigaan dari Google sehingga situs anda bakal
kena sandbox untuk manual review dari staff Google.
Fiuh, yuk
sekarang kita bahas beberapa hal yang memungkinkan kita untuk membangun link
dengan KUANTITAS, KUALITAS, RELEVANSI, dan JUSTIFIKASI…
Untuk
KUANTITAS, saya rasa mudah saja ya ‘kan… bangun link sebanyak mungkin, dari
sebanyak mungkin sumber.
Gampang
‘kan?
Untuk hal
ini anda bisa bangun mass link dari situs social bookmark, situs wiki, blog
comment, dan lain sebagainya. Anda bisa bangun backlink tipe ini dari 90%
penyedia jasa SEO di luar sana…
Untuk
KUALITAS, pastikan anda membangun link dari situs-situs yang dipercaya oleh
Google (authoritatif) atau memiliki link profile yang bagus.
Salah
satu ciri situs autoritatif yang dipercaya oleh Google adalah situs EDU atau
GOV atau situs APAPUN yang memiliki PR lebih dari 7.
Saya
pribadi membangun link dari YouTube, Facebook, Twitter, blog-blog dengan PR
tinggi (3+), blog comment dari halaman-halaman ber PR lebih dari 1, dan social
bookmark dari domain yang PR 6 ke atas…
Hal
tersebut akan memastikan saya memiliki link hanya dari sumber yang berkualitas.
Dari sini
anda mungkin bertanya, tapi ‘kan sulit untuk membangun banyak link dari
sumber-sumber berkualitas?
Dan anda
benar!
Itu
alasan kita menggunakan teknik backlink yang tepat seperti link pyramid dan
lain-lain. Kita membangun link menuju halaman berkualitas kita dari
sumber-sumber yang tidak begitu berkualitas.
Contoh,
membangun banyak link dari sumber-sumber kurang berkualitas menuju halaman
YouTube yang me-link ke situs kita.
Dengan
demikian, situs kita akan mendapatkan manfaat dari backlink yang kurang
berkualitas tersebut tanpa mengotori link profile kita.
Jika anda
kurang jelas dengan hal ini, ada baiknya anda mengerti teori dibaliknya
terlebih dahulu.
Video di
bawah ini akan jelaskan tentang teori Link Juice dan Link Transferal yang
penting bagi anda untuk mengerti hal ini…
RELEVANSI?
Itu mudah, beri link ke halaman situs anda dari halaman yang bertopik kurang
lebih sama.
Misal,
untuk halaman situs tentang kucing, saya membuat video YouTube tentang kucing,
dan membangun link dari situ.
Saya tak
akan meletakkan link ke halaman tentang kucing dari video YouTube tentang
anjing.
Simpel
kan…
Untuk
JUSTIFIKASI, jika saya membangun banyak link ke suatu halaman, saya juga akan
pastikan bahwa halaman tersebut memiliki cukup banyak LIKE dan TWEET.
Hal ini
akan membuat halaman saya terlihat populer, dan terlihat WAJAR jika mendapat
banyak link.
Cara lain
untuk menerapkan justifikasi adalah membangun backlink secara PERLAHAN pada
domain baru, dan mulai lebih agresif pada domain yang lebih tua…
Kenapa?
Karena WAJAR bagi halaman yang populer untuk memiliki banyak link, WAJAR juga
jika situs dengan domain yang lebih tua memiliki banyak link…
Sementara
KURANG WAJAR jika halaman tidak populer memiliki banyak link, dan KURANG WAJAR
jika situs baru sudah memiliki ribuan backlink dalam beberapa hari….
Intinya,
jika anda membangun link, bangunlah dengan cara yang aman, teknik yang benar,
terlihat NATURAL dan LOGIS.
Saya
bahas sangat BANYAK sekali dengan SANGAT DETAIL tentang teknik membangun link
yang benar, aman, natural, dan logis, plus teknik-teknik super sakti di report
saya nanti…
So, jika
anda tertarik belajar lebih jauh, stay tune okay!
SEO Bukan Lagi Misteri…
Setelah
membaca sampai sejauh ini, bagaimana menurut anda?
Saya
harap anda sudah ada gambaran tentang apa yang harus anda lakukan untuk membuat
situs atau halaman anda ranking satu di Google untuk kata kunci yang anda
incar.
Saya juga
berharap, jika anda sempat pernah berpikir bahwa SEO adalah misteri, sekarang
anda paham bahwa SEO hanyalah sebuah cara untuk menjadikan situs kita sebagai
situs yang paling relevan di antara situs-situs lain.
Yang anda
perlukan sekarang adalah:
- Keyword research yang ciamik untuk mencari keyword ideal yang harus anda incar,
- On site optimization yang benar dengan meletakkan keyword incaran anda di tempat yang tepat dan memperhatikan desain dan kecepatan situs anda,
- Plus beberapa backlink untuk menguatkan posisi anda dari situs yang berkualitas dan
Selamat ber-SEO ria!!
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara SEO Website dan Blog yang Benar untuk Ranking Tinggi di Google!! di blog Lombok Santer'S jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
18 komentar
bermanfaat gan untuk saya yang masih pemula
Balaswah boleh di coba nih
Balasmakasih atas manfaat yang kau berikan
BalasNambah ilmu ane gan,makasih
Balasbermanfaat gan :D thanks
Balaswah sangat menambah wawasan seo
BalasThanks gan ilmunya
Balasnice gan ane izin bookmark artikel ente yang ini yaah
Mantap, terima kasih gan yah. Ijin bookmark juga, siapa tau saya masih butuh juga untuk baca-baca.
BalasSEO andalanku ya perbaiki struktur halaman website dan cari backlink berkualitas. Dan yang paling penting kata kunci harus padat.
BalasBisa dicoba nih gan triknya
BalasNice Artkel
Iyaa, gan sy juga masih bnyk belajar :)
Balassilahkan , terimakasih sudah berkunjung
BalasTerima Kasih sudah berkunjung
BalasSilahkan gan
BalasTerimakasih sudah berkunjung
iyaa gan
BalasTerimakasih sudah berkunjung
Terima Kasih Sudah berkunjung
BalasIyaa gan sama"
BalasTerimakasih sudah berkunjung
Pengunjung yang baik pasti meninggalkan Komentar hehehe,, :D